Blog ini sengaja saya buat untuk berbagi ilmu dengan teman-teman semua dan untuk mengingat kembali apa yang telah saya pelajari. Semoga blog ini dapat bermanfaat untuk diri saya sendiri maupun teman-teman yang sudah berkunjung keblog saya MOHON MAAF JIKA MASIH ADA KEKURANGAN, BLOG INI MASIH DALAM TAHAP PENGEMBANGAN
Home » » Sistem Informasi Kondisi Fiskal Per Pemerintah Kota/Kabupaten/Provinsi di Indonesia

Sistem Informasi Kondisi Fiskal Per Pemerintah Kota/Kabupaten/Provinsi di Indonesia

Written By Unknown on Selasa, 03 September 2013 | 11.35

SISTEM INFORMASI KONDISI FISIKAL PER PEMERINTAH KOTA/KABUPATEN/PROVINSI DI INDONESIA

Fithranto Fatukrahman Teknik Komputer 46 Institut Pertanian Bogor


Fiskal merupakan suatu hal yang berkenaan dengan urusan pajak dan pendapatan negara (Depdiknas 2008). Setiap daerah di Indonesia memiliki data fiskal. Data fiskal digunakan sebagai acuan untuk menentukan kondisi perekonomian daerah tersebut. Kondisi ini dikenal sebagai kondisi fiskal. Direktorat Jendral Perimbangan Keuangan (DJPK) merupakan suatu instansi pemerintah yang mempunyai tugas pokok merumuskan dan melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang perimbangan keuangan antara pemerintah pusat dan daerah. 

DJPK dapat merumuskan suatu kebijakan di bidang perimbangan keuangan dengan melihat kondisi fiskal setiap daerah di Indonesia. Saat ini manajemen data khususnya dalam pengelolaan data fiskal di DJPK masih menggunakan aplikasi lembar lajur, seperti Microsoft Excel. 

Penampilan data pada Microsoft Excel begitu rumit dan tidak menarik, seperti yang terlihat pada Lampiran 1, sehingga penyampaian informasi fiskal masih belum optimal karena ketika informasi itu akan disalurkan atau disajikan, pihak DJPK harus melakukan rekapitulasi data fiskal dari Microsoft Excel pada sebuah aplikasi lembar persentasi seperti Microsoft PowerPoint atau PDF. 

Hal tersebut bisa menjadi kendala ketika permintaan informasi yang sangat tinggi dan data terus mengalami pembaharuan dengan cepat. Oleh karena itu, pihak DJPK merasa perlu adanya aplikasi yang dapat menampilkan data fiskal secara menarik dan mudah untuk diakses ketika adanya pembaharuan data yang sangat cepat. Sistem informasi berbasiskan teknologi informasi dapat membantu proses kerja tersebut menjadi lebih baik daripada sebelumnya. 

Sistem informasi menurut Watson (2007) adalah suatu sistem yang didesain untuk mengkoleksi, menyediakan, menyimpan, dan mendistribusikan informasi, sedangkan teknologi informasi menurut Lucas (2000, diacu dalam Kadir 2003) adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis. Oleh karena itu, Sistem Informasi Kondisi Fiskal Nasional per Pemerintah Kabupaten/Kota/Provinsi di Indonesia berbasiskan teknologi informasi dibuat agar penyajian dan pengaksesan informasi menjadi lebih menarik dari sebelumnya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. SARANG HADI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template