Blog ini sengaja saya buat untuk berbagi ilmu dengan teman-teman semua dan untuk mengingat kembali apa yang telah saya pelajari. Semoga blog ini dapat bermanfaat untuk diri saya sendiri maupun teman-teman yang sudah berkunjung keblog saya MOHON MAAF JIKA MASIH ADA KEKURANGAN, BLOG INI MASIH DALAM TAHAP PENGEMBANGAN
Home » , , » Menggunakan fungsi Logika (IF)

Menggunakan fungsi Logika (IF)

Written By Unknown on Rabu, 07 Agustus 2013 | 13.09

Fungsi logika pada excel digunakan untuk membandingkan dua atau lebih suatu argumen untuk menghasilkan nilai True atau False

Contoh kasus:


Disini saya mempunyai daftar nilai mahasiswa dengan nilai yang berbeda-beda pada 4 mata kuliah, tentunya juga akan menghasilkan jumlah keseluruhan nilai yang berbeda juga.
nah kasusnya adalah:  disini saya harus menentukan predikat dari nilai tersebut, apakah baik, cukup, ataupun kurang.


Jika nilai rata-rata 8. maka "Baik"
Jika nilai rata-rata 7. maka "Cukup"
Jika nilai rata-rata 6. maka "kurang"
Jika nilai rata-rata 5. maka "buruk"

nah untuk menyelesaikan kasus tersebut. 
kita harus membuat rumus pada sell I4,
tuliskan rumus seperti berikut:

=IF(H4>=8;"Baik";IF(H4>=7;"Cukup";IF(H4>=6;"kurang";IF(H4>=5;"Buruk"))))

lalu enter.


Maka akan muncul status baik pada kolom I4.  
karena rata-rata nilainya 8.  
Untuk mempersingkat waktu anda tidak pelu menggetikan satu persatu pada kolom yang lain,
cukup anda sorot seperti gambar diatas, klik tahan dan sorot sampe bawah.....
sehingga akan tampil seperi ini


Catatan: Perhatikan rumus IF tadi, jika tanda " ; " tidak bisa maka ganti dengan tanda koma " , "

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. SARANG HADI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template