Fungsi logika pada excel digunakan untuk membandingkan dua atau lebih suatu argumen untuk menghasilkan nilai True atau False
Contoh kasus:
Disini saya mempunyai daftar nilai mahasiswa dengan nilai yang berbeda-beda pada 4 mata kuliah, tentunya juga akan menghasilkan jumlah keseluruhan nilai yang berbeda juga.
nah kasusnya adalah: disini saya harus menentukan predikat dari nilai tersebut, apakah baik, cukup, ataupun kurang.
Jika nilai rata-rata 8. maka "Baik"
Jika nilai rata-rata 7. maka "Cukup"
Jika nilai rata-rata 6. maka "kurang"
Jika nilai rata-rata 5. maka "buruk"
nah untuk menyelesaikan kasus tersebut.
kita harus membuat rumus pada sell I4,
tuliskan rumus seperti berikut:
=IF(H4>=8;"Baik";IF(H4>=7;"Cukup";IF(H4>=6;"kurang";IF(H4>=5;"Buruk"))))
lalu enter.
Maka akan muncul status baik pada kolom I4.
karena rata-rata nilainya 8.
Untuk mempersingkat waktu anda tidak pelu menggetikan satu persatu pada kolom yang lain,
cukup anda sorot seperti gambar diatas, klik tahan dan sorot sampe bawah.....
sehingga akan tampil seperi ini
Catatan: Perhatikan rumus IF tadi, jika tanda " ; " tidak bisa maka ganti dengan tanda koma " , "
Posting Komentar