Blog ini sengaja saya buat untuk berbagi ilmu dengan teman-teman semua dan untuk mengingat kembali apa yang telah saya pelajari. Semoga blog ini dapat bermanfaat untuk diri saya sendiri maupun teman-teman yang sudah berkunjung keblog saya MOHON MAAF JIKA MASIH ADA KEKURANGAN, BLOG INI MASIH DALAM TAHAP PENGEMBANGAN
Home » » Perancangan Server Othentikasi RADIUS sebagai solusi Hotspot Wifi

Perancangan Server Othentikasi RADIUS sebagai solusi Hotspot Wifi

Written By Unknown on Rabu, 07 Agustus 2013 | 00.02

Perancangan Server Othentikasi RADIUS sebagai solusi Hotspot Wifi

Zainul Hakim TK 2004 Universitas Sriwijaya Palembang

Perkembangan teknologi khususnya dibidang penggunaan internet saat ini mengalami peningkatan yang cukup pesat. Ini dapat dilihat dari semakin banyaknya pertumbuhan jaringan-jaringan komputer dan pengguna internet serta penambahan jenis-jenis aplikasi internet baru yang dipicu oleh tuntutan kebutuhan pengguna. Salah satu perkembangan teknologi pada saat ini adalah penggunaan teknologi Wireless , teknologi yang juga diterapkan pada jaringan komputer atau yang lebih dikenal dengan Wireless Local Area Network (WLAN). Berbagai kemudahan yang ditawarkan WLAN menjadi suatu daya tarik tersendiri bagi para pengguna komputer dalam penggunaan teknologi ini untuk mengakses internet. Seiring dengan semakin banyaknya pengguna teknologi wireless maka semakin banyak pula tempat-tempat yang dapat melakukan akses internet melalui wireless atau yang biasa disebut hotspot pada sejumlah instalasi-instalasi umum seperti kafe, mall, tempat ibadah, perpustakaan, bandara, dan lain lain.

Adanya peningkatan tersebut telah membawa kepada tuntutan kebutuhan suatu sistem keamanan yang tinggi. Salah metode keamanan yang dapat menanggulangi masalah ini adalah dengan menggunakan sistem otentikasi. Yang dimana sistem ini melakukan sebuah proses pengesahan identitas pengguna yang biasanya diawali dengan pengiriman kode unik yang dapat berupa username dan password yang bertujuan untuk memastikan bahwa pengguna yang meminta service adalah benar-benar pengguna yang sah. Salah satu protokol otentikasi yang ada adalah RADIUS ( Remote Autentication Dial In User Service ). Protokol jaringan ini menyediakan akses secara terpusat, manajemen otentikasi dan otorisasi bagi pengguna Wireless pada suatu Hotspot yang hendak terhubung ke jaringan internet dan menggunakan layanan-layanan yang disediakannya.


Metodologi Wireless Hacking
Dalam dunia jaringan wireless , keamanan merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting, mengingat media yang digunakan adalah udara yang dimana sebagai media pentrasmisian data. Hal inilah yang sangat dimanfaatkan oleh penyerang/ hacker karena mereka tidak harus berada pada jaringan tersebut secara tampak mata. Mereka cukup berada pada jangkauan sinyal yang di sebarkan oleh access point (AP) agar dapat mendukung kegiatannya dalam mengekploitasi jaringan yang menjadi target.

Dari hasil perancangan serta pengkonfigurasian Sistem Pengaman Hotspot dengan Server Mikrotik menggunakan RADIUS sebagai sistem pengaman, dapat peneliti ambil kesimpulan sebagai berikut:
  1. Sistem ini memiliki penyimpanan database user yang terdaftar. Baik itu dari MAC address Usernamedan Password . Sehingga user yang tidak terdaftar pada database server tidak mendapatkan otorisasi pada jaringan tersebut.
  2. Sistem ini dapat memantau client pada suatu jaringan secara terus-menerus, baik dari waktu pemakaian, kegiatan apa yang sedang user lakukan di jaringan dan lain-lain.
  3. Dengan adanya otentikasi menggunakan MAC address Username dan Password , dapat menyulitkan user yang tidak sah untuk menerobos masuk ke dalam jaringan. Walaupun ada beberapa informasi dari jaringan tersebut yang dapat dianalisa.
  4. Sistem juga dapat mengamati setiap gangguan yang terjadi pada sistem, untuk setiap gangguan yang muncul, sistem akan memberitahu admin secara langsung ataupun tersimpan di dalam database sehingga dapat dianalisa nantinya.
  5. Kegiatan pemantauan, perawatan pada jaringan dapat dilakukan secara jarak jauh melalui jaringan internet, tanpa harus berada di lokasi jaringan.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. SARANG HADI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template