Blog ini sengaja saya buat untuk berbagi ilmu dengan teman-teman semua dan untuk mengingat kembali apa yang telah saya pelajari. Semoga blog ini dapat bermanfaat untuk diri saya sendiri maupun teman-teman yang sudah berkunjung keblog saya MOHON MAAF JIKA MASIH ADA KEKURANGAN, BLOG INI MASIH DALAM TAHAP PENGEMBANGAN
Home » , » Simulasi Membuat Jaringan Sederhana

Simulasi Membuat Jaringan Sederhana

Written By Unknown on Sabtu, 21 Desember 2013 | 13.22

Jika anda hobi dalam bidang komputer, tentunya sudah tidak asing lagi dengan jaringan komputer. Penggunaan jaringan komputer ini sudah banyak sekali digunakan pada setiap perusahaan ataupun warnet, karena dengan jaringan komputer kita dapat berbagi data antara satu komputer dengan komputer yang lain. Untuk itulah disini saya akan mencoba untuk membuat simulasi sederhana dalam membangun jaringan komputer.

Dalam membuat simulasi ini saya menggunakan packet tracert, dan saya menganggap anda sudah mengerti dasar dari TCP/IP, serta penggunaaan software cisco packet tracert ini. Jika belum paham, anda bisa mencoba mempelajarinya terlebih dahulu. Jika anda sudah mengerti, buatlah topologi jaringannya seperti gambar dibawah ini:

gambar tersebut terdapat 2 buah pc yang dihubungkan melalui switch. Komputer bersama bernama hadi dan komputer kedua bernama meyda. Sekarang masuk pada komputer pertama yaitu komputer hadi. Klik tab desktop - ip configuration, dan masukkan ip seperti gambar dibawah ini:


dan masuk pada pc yang kedua yaitu pc meyda, dan masukkan ip-nya seperti pada gambar dibawah ini:


Lalu masuk kedalam salah satu PC, dan pilih command prompt.
untuk mengetes koneksinya apakah sudah berhasil atau belum anda bisa menggunakan perintah PING...
lakukan ping pada masing-masing komputer seperti gambar dibawah ini:



jika pesan yang ditunjukan reply seperti gambar tersebut,
maka koneksi antar komputer berhasil

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. SARANG HADI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template